SAAT IMAN BICARA

Saat raga berada di puncak kelelahan, saat jiwa berada di garis terbawah dalam derasnya roda kehidupan yang tiada henti. Saat itulah, iman yang harus bicara.

 

Tubuh boleh lelah, jiwa boleh melemah, tapi iman tak boleh merendah.Adakalanya menjadi lelah adalah wajar, namun menjadi kufur nikmat karena iman melemah adalah hal yang tak wajar.

 

Jika karena setitik kelelahan satu iman melemas, maka seribu kenikmatan pun akan sirna bersamaan dengan datangnya kesengsaraan.

 

Karena dibalik setitik kelelahan, dibalik segores kesulitan, terselip beribu nikmat yang tertebar di sekitar. Karena yang tampak di kasat mata adalah hal-hal yang kongkrit, maka hal yang abstrak menjadi luput. Bahwa, kenikmatan yang harus disyukuri seringkali bersifat abstrak sehingga terluput oleh mata. Sehingga, hanya orang-orang yang selalu memperkaya batinlah yang seringkali pandai mensyukuri nikmat itu.

 

Karena itu, perkeras suara iman hingga dia bisa bicara lantang saat diperlukan. Saat kondisi pasukan jiwa dan raga melemah. Pertebal jalinan ukhuwah dengan orang-orang yang memiliki keimanan tinggi, sehingga iman itu akan tertular pada kita.

 

Karena bukankah yang kita cari adalah ridho-Nya? Bukankah yang kita cari adalah menjadi yang terbaik dimata-Nya? Maka, jangalah lengah untuk selalu berlomba menjadi yang terbaik menurut versi Dia. Karena semangat kebaikan itu mengalahkan segala lelah dan lemah. Karena semangat akan muncul dari rasa untuk menginginkan yang terbaik dimata Allah. Lawanlah keterlenaan dengan suara lantang sang iman. Pastikan suaranya masih keras dan terdengar jelas sehingga menggetarkan seluruh kelemahan, kelelahan, dan kesesatan.

 

Wallahu a’lam

 

 

7 Januari 2011

-Goresan hati saat ruhani dan materi berada di titik nol-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s