Catatan Milad

Image

Hal yang berbeda di tahun-tahun lalu. Saya mendapat kejutan di hari ultah dari seorang sahabat yang boleh dibilang tak terlalu dekat. Dia mengoreksi sesuatu kesalahan dalam sebuah penulisan bahasa yang saya tidak menyadarinya. Dan saat itu pula saya mengucapkan terima kasih padanya karena telah mengingatkan dari kesalahan yang mungkin kecil dan saya anggap remeh. Justru dengan keremehan itu saya telah membuat kesalahan fatal yang membuat saya malu mengingat ilmu saya secara teori dan background pendidikan jauh diatasnya, dan usia pun jauh diatasnya.

Saat itu saya baru tersadar, terkadang usia dan pengalaman dalam berilmu tak menjadi patokan kualitas ilmu seseorang. Saya kemudian teringat sebuah hadis yang mengatakan sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat buat orang lain, maka itulah sebaik-baik orang berilmu, yang ilmunya dimanfaatkan untuk orang lain. Dan, saat itu saya juga tersadar jika ilmu tidak digunakan akan menguap dan lama kelamaan akan hilang. Saat itulah, saya merasa tak ada apa-apanya dibanding sahabat tadi yang mungkin memiliki sedikit ilmu tapi diamalkan. sehingga dengannya dia dapat mengoreksi kesalahan saya.

Di milad ini, saya seolah dingatkan bahwa dengan bertambahnya usia saya tak boleh bertambah lupa. Dengan bertambahnya usia, justru harus semakin ingat bahwa jatah hidup semakin berkurang dan semakin dekat untuk kembali. Dengan bertambahnya usia justru harus semakin banyak amal dan bermanfaat buat orang lain. Semakin bertambah usia justru harus semakin bertambah kedekatan kepada Allah.

Hari ini, semoga Allah tambahkan rasa syukur atas segala nikmat tak terhingga yang telah Dia berikan. Dengan milad ini juga, semoga saya semakin memahami makna hidup untuk siapa ditujukan dan memaknai usia untuk apa digunakan.

Barokallahu lii wa lakum! Terima kasih buat sahabat yang telah mengingatkan dalam kebenaran dan menguatkan dalam kesabaran. Uhibbukum fillah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s