Beginilah Rasanya Menjadi Berarti

Tak terasa hampir dua bulan aku berada di Singosari, Malang. Selama ini aku banyak belajar dari hal-hal sekitar di tempat ini. Aku belajar etika dari penumpang angkot yang ketika turun dari mobil mengucapkan terima kasih dan sapa ramah kepada supir, dan juga sikap mayoritas orang-orang yang sopan santun penuh kesederhanaan baik dalam berpakaian maupun cara berbicara.

 

Seiring dengan waktupun, segala kekakuan dan kesegananku tinggal di tengah keluarga pemilik rumah sakitpun mulai menghilang. Entah kenapa, aku mudah untuk melebur dalam suatu komunitas yang notabene masih asing dengan budaya dan bahasa yang baru. Aku perlahanpun mulai dapat mengikuti alur pembicaraan orang-orang yang berbahasa Jawa, meski kadang masih harus bertanya beberapa kosa kata.

 

Di lingkungan dengan suasana yang baru dan orang-orang yang baru, aku terpacu untuk menjadi sesuatu yang berharga di mata mereka. Aku berusaha memberikan sikap Islami sesuai dengan penampilanku. Dimulai dari berbicara, dan bersikap. Disinilah aku belajar menjadi diriku yang utuh kembali. Diriku beberapa tahun silam dengan semangat yang penuh, dan bukan semangat yang hampir hilang.

 

Mulai dari pasien yang kudatangi setiap hari, wajah sedih dan kesakitan yang mereka rasakan membuatku banyak bersyukur dan menjadi berharga. Kedatanganku meninggalkan senyum dan harap serta terima kasih di wajah-wajah mereka. Rona kegembiraan mereka pun membuatku merasa bahagia. Itulah hal berarti disini yang kujalani selama hampir dua bulan.

 

Begitu juga dengan Lisa, teman kecilku yang masih kelas 3 SD. Dia sering datang ke kamarku untuk menyapa dan mengajakku bermain. Aku pun banyak belajar darinya. Diusianya yang harusnya banyak bermain, sepulang sekolah dia lebih banyak membantu ibunya yang menjadi juru masak rumah sakit. Dan hal itu membuatnya pandai dan mandiri. Daya tangkapnya cepat sekali untuk anak seusianya. Dia bahkan sudah bisa membuat agar-agar untuk snack para pasien. Dari dia aku banyak belajar. Setiap sore menjelang solat isya, dia mengetuk pintu kamarku untuk tarawih bersama. Di perjalanan dia banyak bertanya mengenal hal-hal yang tak diketahuinya. Kemudian, kujelaskan kepadanya hal-hal yang seharusnya dia mengerti.

 

Hal lainnya, aku sudah mendapatkan perkumpulan majelis ilmu yang kuimpikan. Berada di tempat asing tentu membuatku merasa haus dengan kegiatan keilmuan dan tausiyah seperti yang kudapatkan di Jakarta. Dan kini, aku bersyukur telah mendapatknnya melalui salah seorang karyawan yang juga mengikuti kegiatan tersebut. Ternyata ditempat ini, aku bertemu dengan orang-orang yang semangat untuk belajar. Baru di pertemuan pertama mereka sudah memintaku untuk diajari bahasa Arab. Alhamdulillah, hal semua disini membuatku banyak bersyukur, karena menjadi lebih berarti.

Fabiayyi aalaa’i robbikuma tukadzdzibaan.

Allah, jadikan syukurku melebihi nikmat-Mu.

 


Singosari, 29 Juli 2012

Advertisements

8 responses to “Beginilah Rasanya Menjadi Berarti

  1. saya sangat suka kutipan surat AR Rahman, rasanyakutipan ini sangat tegas, karena diulang-ulang terus
    terima kasih mbak telah menghadirkannya kembali 🙂

  2. Ana yang cerdas. Senang saya membaca bahwa Ana betah berada di Singosari. Tetapi nampaknya Ana kembali ke Jakarta karena orang tua meminta Ana pulang. Saya jadi ingat ketika Rasulullah akan Hijrah, seorang pengikut beliau menyampaikan bahwa ibunya melarang. Rasulullah mengatakan : Ikuti keinginan ibumu. U’re great Ana.
    Salam
    Aa Kustia

    • aamiin dbilang cerdas 🙂
      iya ana pulang krn mmg keinginan ortu 🙂
      oy, Aa jd mau pesen bukunya?kl jd bs minta alamatnya?waktu.diemail terakhir ana kirim no hp ana utk kirim alamat Aa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s