Yuk, Awet Muda..

Bagi yang belum menikah tapi sering dipanggil dengan sebutan Bapak atau Ibu padahal masih ABG? Merasa tersinggung atau desperate karena udah keliatan tua? Sebaliknya, udah tua masih dikira muda bahkan ABG? ? Hmm…

awet muda

Menjadi tua adalah keniscayaan, namun  terlihat tua merupakan  kekhawatiran bagi setiap orang.  Tentunya, siapapun tak ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Sebaliknya, siapapun akan lebih senang jika terlihat lebih muda.  Karena itu, awet muda adalah sebuah alternatif pilihan yang diidamkan setiap orang.

Sejatinya, gaya hidup, cara bersikap, dan  pola makan sehari-hari serta asupan nutrisi juga menentukan seseorang itu bisa awet muda atau tidak.  Dibawah ini tips bagaimana menjaga tubuh dan penampilan agar terlihat awet muda.

1. Banyak makan anti oksidan

Antioksidan adalah zat yang dipercaya mampu menangkal reaksi oksidasi pada tubuh akibat zat bersifat racun yang masuk kedalam tubuh dari makanan maupun dari udara. Sehingga antioksidan dikatakan mampu mengurangi efek radikal bebas sehingga dapat menghambat penuaan dini.

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia juga menyarankan makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya. Diantara makanan yang kaya anti oksidan yaitu, Blu berry, Brokoli, Tomat, Wortel, Delima, Apel  dan jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan hazelnut.

2. Rutin berolah raga

Sempatkan berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu selama 30 sampai 60 menit. Selain baik bagi tubuh dan jantung, olahraga juga merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat.

3. Merawat wajah

Memasuki usia 30 tahun keatas, perawatan wajah menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Lakukan perawatan alami dengan membersihkan wajah secara teratur dan masker wajah.

4. Istirahat yang cukup dan tidur siang

Banyak fakta menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dan sering bergadang terlihat jauh lebih tua dan memiliki kantung mata yang lebih jelas.

Situs www.vemale.com mengutip sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Yunani, seperti dilansir Genius Beauty, mendapatkan hasil bahwa mereka yang tidur siang 30 menit tiga kali dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) hingga 30 persen. Selain itu, tidur siang dapat mempercepat metabolisme tubuh, mencegah penuaan, meningkatkan memori dan membuat tubuh lebih segar.

5. Manage stress

Banyak fikiran dan stress menjadikan wajah terlihat lebih tua. Karena itu, kelola stress dengan berpikiran positif dan lebih mendekat pada Allah dengan memperbanyak amal ibadah seperti bangun tahajjud, membaca Al Quran serta berpuasa sunnah.

Secara ilmiah, banyak puasa akan membuat awet muda, karena saat sedang berpuasa akan menghentikan sementara proses fisiologis dan metabolisme di dalam tubuh dimana  hal ini akan berdampak besar pada kesehatan tubuh . Puasa juga ampuh melindungi dinding sel akibat proses radikal  bebas, dimana radikal bebas adalah salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini.

6. Selalu berpikir postitif dan merasa bahagia. Tips untuk selalu merasa bahagia diantaranya dengan hal berikut :
1. Appreciate every moment of life, yaitu menghargai setiap moment dengan penuh rasa syukur.
2. Free your heart from hatred. Berusaha untuk membebaskan hati dari rasa iri dengki dan kebencian dengan bersikap ramah pada setiap orang, Ikhlas dan lapang dada pada setiap masalah.
3. Life simply, hidup dan menyikapi hidup dengan sederhana
4. Give more, Expect less. Banyak memberi dan tidak banyak berharap.
5. Laugh lots. Banyak tertawa/bersenda gurau.
6. Love deeply. Merasakan kasih sayang dan cinta kepada siapa saja, termasuk pada diri sendiri.

Nah, bagi yang ingin awet muda, yuk kita amalkan tips diatas 🙂

*Tulisan ini dimuat di majalah ESQ Life edisi November 2013

Advertisements

2 responses to “Yuk, Awet Muda..

    • wahh..subhanallah sudah lama sekali gak ngeblog, sampe br liat ada posting lomba ini..yah sayang udah lewat ya due datenya 😦

      But, makasih ya Adelays info & kunjungannya…:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s