Jogjakarta : The Truly Indonesia!

sawah bertingkat2

Perjalanan selalu membuatku terinspirasi. Kali ini, pertama kalinya aku menginjakkan kaki di kota keraton, Jogjakarta. Kota ini sepintas terlihat sederhana dan sangat berbeda dengan Jakarta yang dikelilingi gedung-gedung megah menjulang tinggi. Memasuki kota ini, kesan pertama yang memikatku adalah, kota ini bersih dan sejuk, berbeda dengan Jakarta yang panas. Satu hal lagi yang membedakan adalah para penduduknya gemar bercocok tanam. Aku melihat seorang nenek dengan kisaran umur 70-an mengayuh sepeda dengan gesit dan lincah sambil membawa hasil panen entah menuju kemana.

Menyusuri jalanan beraspal halus membuatku mudah menikmati pemandangan meski hanya dengan sepeda motor. Pemandangan sawah yang hijaunya bagai diberi pewarna daun pandan menyegarkan mataku yang lelah setelah perjalanan di kereta selama 10 jam lebih. Disamping hijaunya sawah-sawah yang baru ditumbuhi tunas-tunas padi, ada pula hektaran sawah yang sudah merunduk dan menguning, tanda akan segera di panen. Warna-warna sawah hijau dan kuning menampilkan pemandangan alam dengan gradasi warna yang menakjubkan bagiku. Belum lagi, hektaran kebun jagung dan sayur mayur tak luput memanjakan mataku. Aku berteriak kegirangan melihat hamparan cabe-cabe merah molek menjuntai siap dipetik dari pohonnya. Ingin rasanya aku memetiknya dan membawanya ke Jakarta. Aku berpikir, mungkin dari sini sumber sayur mayur yang dijual di pasar Jakarta. Saat itu satu kalimat dipikiranku adalah : Indonesia memang kaya!

Tak sabar mengawali kunjunganku di kota gudeg ini, Kali Urang adalahi objek wisata pertama yang ingin kusinggahi bersama suami, karena jaraknya hanya 2 Km dari tempat menginap. Sejurus kemudian, taksi membawa kami menjelajah jalanan menuju Kali Urang. Hawa dingin yang menyelusup dan jalanan menanjak membuatku teringat kawasan Puncak, Bogor. Tak heran, orang menyebut Kali Urang sebagai Puncaknya Jogja. Tepat pukul 12.00 siang aku tiba di sana, namun hawa dingin tetap saja menyusupi tulang-tulangku, membuatku merapatkan jaket tebalku.

me

Kali Urang ternyata adalah kawasan bebukitan dan pegunungan berjarak 25 km dari pusat kota Jogja, dan tepat berada di lereng Gunung Merapi. Setelah menunaikan kewajiban solat Dhuhur, kami menyusuri tempat wisata kali Urang yang mungkin paling sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Tlogo Putri. Disini, terlihat pemandangan hutan dan bermacam-macam pohon lengkap dengan nama-namanya. Kera-kera yang berkeliaran dan melompat kesana kemari sempat membuatku takut. Namun, mereka sepertinya sudah jinak, apalagi jika dilempari makanan oleh para pengunjung. Sekitar 500 m setelahnya, kami menemukan air terjun yang terkenal dengan air terjun Telaga Muncar., atau air terjun Kali Urang. Sayangnya, musim kemarau menyebabkan air terjun menjadi kering. Tapi, kami tetap saja tak melewatkan sesi foto-foto di lokasi air terjun tersebut.

IMG_20140810_112114

Prambanan adalah objek kami di hari selanjutnya. Cukup dengan naik bus Transjogja dan hanya membayar Rp 3.000, kami menuju lokasi wisata candi Prambanan. Merupakan kebanggaan tersendiri mendapati turis-turis asing turut memenuhi bus yang kami tumpangi.  Mereka terlihat bersemangat berkunjung dan menikmati wisata Jogja.  Sesampai di lokasi, aku terperangah memandangi bangunan candi yang menjulang tinggi di udara. Sebuah pemandangan budaya spektakuler yang memiliki daya tarik tersendiri. Walau terdapat bebatuan yang masih belum selesai menjadi bangunan utuh, 3 bangunan candi utama tampak sangat memukau. Konon, candi Prambanan yang menjulang setinggi 47 km ini merupakan mahakarya kebudayaan Hindu tercantik di dunia.

Setelah berhasil mengabadikan beberapa gambar dan beristirahat di taman sekitar candi, suasana panas terik membuat kami tak bisa berlama-lama menikmati pemandangan. Karena itu, sekedar tips bagi yang ingin berkunjung, disarankan untuk tiba di candi pada sore hari, karena bisa leluasa mengabadikan gambar tanpa harus berpanas-panas dan mendapatkan hasil kamera yang lebih bagus.

Satu lagi tips untuk berwisata, sebaiknya terlebih dahulu mencari info situs penginapan atau hotel yang murah. Salah satunya adalah KlikHotel.com.  Dengan mendaftar di situs ini, ternyata bisa mendapat peluang menginap gratis salah satu kamar di beberapa kota yang direkomendasi KlikHotel.com. Sayangnya, kami baru tahu ternyata ada situs KlikHotel.com setelah mengunjungi Jogjakarta, sehingga kami berencana menggunakan situs ini untuk tujuan wisata selanjutnya.

kali urang

Setelah Kali Urang, Prambanan, dan Malioboro, sebenarnya masih banyak tempat yang masih ingin dikunjungi, namun jadwal tiket kereta mengharuskan kami harus meninggalkan Jogja. Yang jelas, berada seminggu di Jogja, meninggalkan magnet yang mampu menarikku untuk kembali singgah.  Sejuknya udara pegunungan, keramahan penduduknya, membuatku betah di Jogja.  Aku teringat saat melewati rumah penduduk, mereka pasti akan menyapa dan tersenyum. Disinilah Indonesia seharusnya. Dengan lahan dan kekayaan alam yang terhampar, dan tempat wisata yang indah, diperkuat oleh keramahtamahan penduduknya, apa lagi yang membuat Indonesia makin dikagumi dan bersinar di mata dunia?

Jogjakarta,  Awal Agustus 2014

Advertisements

One response to “Jogjakarta : The Truly Indonesia!

  1. Yogyakarta memang kota yang sangat istimewa, saya sebagai warga Jogja sangat bangga dengan kota ini, masyarakatnya hidup rukun dan damai, cerminan dari tingginya sikap toleransi sesama warga, baik kepada warga lokal maupun para pendatang. Kalau objek wisata ada juga yang baru di XT Square Jogja, disana ada wahana musium 3D Demata, memamerkan ratusan foto 3 dimensi yang unik-unik, siapa tau klw ke jogja lagi bisa main kesana atau tempat wisata menarik lainnya. #SalamHangatDariJogja 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s