MENCARI IDE CERITA

a-good-idea1

Tahukah kamu?

Ide adalah langkah awal untuk menulis cerita. Bagi beberapa orang, ini sulit. Namun sebenarnya inspirasi tersebar di mana-mana. Yang perlu dilakukan hanyalah memperhatikan lebih banyak dan meresapi semuanya lebih dalam.

Dan juga dari beberapa seminar tentang penulisan. Sangat disarankan untuk selalu mencatat idea-idea yang bermunculan sembarang setiap waktu bahkan setiap hari. Kelak jika kehabisan idea, akan selalu tersedia idea2 yang menarik.

Karena ide yang muncul tapi tidak segera dicatat cenderung akan hilang. ^ ^
Ide muncul dari banyak hal secara random. Triknya hanyalah mencari cara yang tepat dan cocok karena tiap penulis punya cara berbeda dalam menemukan ide.

Berikut ini adalah faktor yang dapat mendukung sebuah ide ;

1. Tema
Kamu bisa memulai dari tema cerita. Misalkan kamu suka dengan tema persahabatan, galilah tema itu dan kembangkan hingga bisa membuat cerita yang menarik.

2. Karakter
Ini favorit saya. Saya lebih suka memulai dengan menciptakan karakter yang kompleks dan setelahnya saya hanya perlu membuat masalah-masalah yang muncul karena sifat kompleks karakter itu.

3. Setting
Novel-novel tertentu dimulai dari pemilihan setting-nya. Misalnya, kamu ingin membuat cerita mengenai suatu tempat suram dan gelap di New York pada tahun 1900. Boleh-boleh saja. Tapi setelahnya kamu butuh melakukan riset lebih banyak mengenai budaya dan apa yang dilakukan orang-orang pada zaman itu.

4. Favorite things
Segala hal yang menarik menurutmu bisa menjadi dasar sebuah ide. Misalnya kamu suka piano, buatlah karakter yang benar-benar terobsesi dengan piano dan TA-DAAA kamu sudah punya karakter untuk novelmu.

5. Permainan kata
Sebuah kata bisa menjadi sebuah cerita. Misalkan kata anggur. Anggur-membeli anggur di pasar dan bertabrakan dengan seorang pria terluka tergeletak di pinggir jalan. Anggur-membuat wine. Anggur-mencicipi wine raja agar tidak diracuni. Kira-kira kata apa lagi yang bisa menginspirasi ceritamu?

6. Seandainya… 
Ini boleh dibilang saran untuk buku fantasi. Seandainya aku bisa terbang, seandainya aku punya cek kosong bertanda-tangan, seandainya aku seorang penyihir… Buatlah cerita yang dimulai dari impianmu sendiri. Tidak masuk akal? Tidak masalah. Untuk itulah gunanya fiksi dan penulis, membuat segala yang tidak masuk akal terlihat masuk akal dalam buku.

7. Musik dan lirik
Sebuah lagu, puisi, lirik lagu bisa menceritakan banyak hal. Lagu patah hati, puisi balas dendam, quote yang menginspirasi. Kamu hanya perlu mengembangkan arti dari lirik tersebut menjadi cerita sendiri.

8. Kisah nyata
Kisah nyata biasanya bisa menginspirasi satu adegan cerita dalam novelmu. Misalkan banjir Jakarta. Kamu bisa saja menceritakan keluarga yang merasa dirugikan karena peristiwa tersebut.

9. Pengalaman pribadi dan teman-teman
Ini butuh izin, lho. Terutama kalau kamu ingin menuliskan kisah hidup temanmu. Tapi sebagian besar penulis itu diam-diam curhat terselubung dalam novelnya. Jadi, pengalaman adalah guru yang baik dalam memberikanmu ide cerita.

Kalau sudah menemukan ide, mulailah menulis. Pada dasarnya yang paling penting dari menulis bukanlah bakat. Kemampuan menulis bisa dilatih dan semua orang bisa menulis. Yang terpenting adalah KOMITMEN. Inilah yang akan membuatmu terus melangkah maju walau sudah menemukan kebuntuan berkali-kali.

Oke,selamat menulis….^__^

Salam pena,

Bekasi, 1st Dec, 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s